Program Supervisi Tahun Ajaran 2022/2023 SMP Negeri 1
Gedangan ini disusun dengan latar belakang tuntutan
untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan
dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram
Supervisi Tahun Ajaran 2022/2023 ini meliputi Supervisi Manajerial dan
Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk
meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan
Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan
administrasi sekolah.
Harapan kami semoga Program Supervisi Tahun Ajaran 2022/2023 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan dan administrasi sekolah.
Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun
Ajaran 2022/2023 pada SMP Negeri 1 Gedangan
adalah :
1.
Supervisi
Akademis :
a.
Pengembangan
Silabus/ Perumusan Indikator
b.
Pengembangan
RPP/Materi Pembelajaran
c.
Peningkatan
Penguasaan Metode Pembelajaran
d.
Peningkatan
Penguasaan Model Model Pembelajaran
e.
Peningkatan
Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar
f.
Pelaksanaan
Pembelajaran
g.
BK/Pengembangan
Diri
2.
Supervisi
Internal Manajerial :
a.
Administrasi
Tata Usaha
b.
Kurikulum
c.
Kesiswaan/Ekstra
Kurikuler
d.
Sarana/Prasarana
e.
Humas/Hubungan
Industri
f.
Perpustakaan
g.
Koperasi
Sekolah/Koperasi Siswa
h. Lingkungan/Budaya Sekolah
Supervisi ditunjukan
kepada situasi belajar mengajar yang memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan
secara optimal. Sasaran supervise adalah :
a.
Pelaksanaan KBM
b.
Hal-hal yang menunjang terhadap
pelaksanaan KBM seperti pengelolaan kelas, pengelolaan sekolah, pengelolaan
administrasi, pengelolaan bimbingan, kebersihan, ketertiban, pelaksanaan
ekstrakulikuler seperti UKS, Pramuka dan lain-lainnya.
Teknik-teknik Supervisi
1. Kunjungan Kelas
Kunjungan kelas
dapat dilaksanakan secara terencana untuk memperoleh gambaran tentang proses
belajar mengajar dan pengelolaan kelas yag dilaksankaan guru kunjungan kelas
ini dpaat dilaksnakaan dengan cara :
a.
Memberitahukan terlebih dahulu
b.
Tanpa memberi tahukan terlebih
dahulu
c.
Atas undangan guru
Pada waktu kunjungan
kelas ini supervise dapat melihat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar,
pengelolaan kelas, melihat hasil belajar siswa dan hal-hal yang menunjang dalam
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan instrument yang telah
dipersiapkan.
2. Observasi Kelas
Untuk mengetahui
usaha serta kegiatan siswa dan guru dalam PBM yang mencakup penugasan bahan,
metode, pengorganisasian kelas, penggunaan media dan factor-faktor penunjang
lainnya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dapat dilakukan
melaui observasi (pengamatan) dengan menggunakan instrumen.
3. Percakapan Pribadi
Percakapan pribadi
dilaksankaan pada waktu-waktu tertentu untuk masalah-masalah khusus. Percakapan
pribadi ini bertujuan untuk :
a.
Mengembangkan segi-segi positif
dari kegatan guru
b.
Mendorong guru mengatasi
segi-segi kelemahannya dalam mengajar dan mengelola kelas
c.
Mengurangi keraguan-keraguan
guru dalam menghadapi maslaah pada waktu mengajar.
4. Kunjungan Antar Kelas atau Antar Sekolah
Kegiatan ini dlakukan dengan tujuan untuk bertukar pengalaman serta hal-hal yang menyangkut usaha untuk menunjang pelaksanaanya interaksi belajar mengajar untuk menambah pengalaman mengajar atau mengikuti rekan-rekan guru lain yangs edang memberi contoh-contoh mengajar yang baik.
5. Rapat Rutin
Kegiatan ini dilaksanakan anatar Pembina dengan para guru di sekolah. Hal ini biasanya dilaksanakan dalam rangka menyampaikan pembicaraan yang bersifat umum
Rencana
Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Ajaran 2022/2023
Langkah – Langkah Supervisi Akademik di SMP Negeri 1 Gedangan
1. Tahap Perencanaan
1.
Mengkaji program supervisi yang ada
2.
Mengidentifikasi infrastruktur
3.
Menyusun instrumen pra-observasi, observasi dan post-observasi
4.
Menyinkronkan program lama dengan kondisi
5. Menyosialisasikan program
2. Tahap Pelaksanaan
a. Melakukan
kegiatan pra-observasi
1). Melakukan pertemuan awal secara daring
2). Mengecek rencana pembelajaran (tujuan, kegiatan, penilaian)
3). Memastikan media/ aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran
b. Melakukan observasi
Mengamati proses pembelajaran baik secara tatap muka
3. Melakukan kegiatan post-observasi
1. Menganalisis data hasil observasi
2. Mengadakan pertemuan untuk memberikan umpan balik
3. Merencanakan tindak lanjut
3. Tahap Evaluasi
1. Menganalisis hasil supervisi
2. Menindaklanjuti hasil supervisi