Supervisi

Program Supervisi Tahun Ajaran 2022/2023  SMP Negeri 1 Gedangan ini disusun dengan latar belakang tuntutan untuk memenuhi implementasi salah satu kompetensi yang harus dikuasai dan dilaksanakan seorang Kepala Sekolah yaitu Kompetensi Supervisi. Pogram Supervisi Tahun Ajaran 2022/2023   ini meliputi Supervisi Manajerial dan Supervisi Akademis. Supervisi Akademis dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan tugas pokoknya sedangkan Supervisi Manajerial dilakukan untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan administrasi sekolah.

Harapan kami semoga Program Supervisi Tahun Ajaran 2022/2023 dapat terlaksana dengan efektif dan bermanfaat bagi peningkatan kualitas pembelajaran dan kualitas pengelolaan setiap unit kegiatan  dan administrasi sekolah.

Adapun ruang lingkup Program Supervisi Tahun Ajaran 2022/2023 pada SMP Negeri 1 Gedangan  adalah :

1.    Supervisi Akademis :

a.       Pengembangan Silabus/ Perumusan Indikator

b.      Pengembangan RPP/Materi Pembelajaran

c.       Peningkatan Penguasaan Metode Pembelajaran

d.      Peningkatan Penguasaan Model Model Pembelajaran

e.       Peningkatan Penguasaan Sistem Penilaian Hasil Belajar

f.        Pelaksanaan Pembelajaran

g.      BK/Pengembangan Diri

2.    Supervisi Internal Manajerial :

a.       Administrasi Tata Usaha

b.      Kurikulum

c.       Kesiswaan/Ekstra Kurikuler

d.      Sarana/Prasarana

e.       Humas/Hubungan Industri

f.        Perpustakaan

g.      Koperasi Sekolah/Koperasi Siswa

h.      Lingkungan/Budaya Sekolah

Supervisi ditunjukan kepada situasi belajar mengajar yang memungkinkan tercapainya tujuan pendidikan secara optimal. Sasaran supervise adalah :

a.    Pelaksanaan KBM

b.    Hal-hal yang menunjang terhadap pelaksanaan KBM seperti pengelolaan kelas, pengelolaan sekolah, pengelolaan administrasi, pengelolaan bimbingan, kebersihan, ketertiban, pelaksanaan ekstrakulikuler seperti UKS, Pramuka dan lain-lainnya.

Teknik-teknik Supervisi

1.    Kunjungan Kelas

Kunjungan kelas dapat dilaksanakan secara terencana untuk memperoleh gambaran tentang proses belajar mengajar dan pengelolaan kelas yag dilaksankaan guru kunjungan kelas ini dpaat dilaksnakaan dengan cara :

a.       Memberitahukan terlebih dahulu

b.      Tanpa memberi tahukan terlebih dahulu

c.       Atas undangan guru

Pada waktu kunjungan kelas ini supervise dapat melihat pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, pengelolaan kelas, melihat hasil belajar siswa dan hal-hal yang menunjang dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan instrument yang telah dipersiapkan.

2.    Observasi Kelas

Untuk mengetahui usaha serta kegiatan siswa dan guru dalam PBM yang mencakup penugasan bahan, metode, pengorganisasian kelas, penggunaan media dan factor-faktor penunjang lainnya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan dapat dilakukan melaui observasi (pengamatan) dengan menggunakan instrumen.

3.    Percakapan Pribadi

Percakapan pribadi dilaksankaan pada waktu-waktu tertentu untuk masalah-masalah khusus. Percakapan pribadi ini bertujuan untuk :

a.       Mengembangkan segi-segi positif dari kegatan guru

b.      Mendorong guru mengatasi segi-segi kelemahannya dalam mengajar dan mengelola kelas

c.       Mengurangi keraguan-keraguan guru dalam menghadapi maslaah pada waktu mengajar.

4.    Kunjungan  Antar Kelas atau Antar Sekolah

Kegiatan ini dlakukan dengan tujuan untuk bertukar pengalaman serta hal-hal yang menyangkut usaha untuk menunjang pelaksanaanya interaksi belajar mengajar untuk menambah pengalaman mengajar atau mengikuti rekan-rekan guru lain yangs edang memberi contoh-contoh mengajar yang baik.

5.    Rapat Rutin

Kegiatan ini dilaksanakan anatar Pembina dengan para guru di sekolah. Hal ini biasanya dilaksanakan dalam rangka menyampaikan pembicaraan yang bersifat umum

Rencana Pelaksanaan Supervisi Akademis Tahun Ajaran 2022/2023

   Langkah – Langkah Supervisi Akademik di SMP Negeri 1 Gedangan

1. Tahap Perencanaan

1. Mengkaji program supervisi yang ada

2. Mengidentifikasi infrastruktur

3. Menyusun instrumen pra-observasi, observasi dan post-observasi

4. Menyinkronkan program lama dengan kondisi

5. Menyosialisasikan program

2. Tahap Pelaksanaan

a.  Melakukan kegiatan pra-observasi

1). Melakukan pertemuan awal secara daring

2). Mengecek rencana pembelajaran (tujuan, kegiatan, penilaian)

3). Memastikan media/ aplikasi yang akan digunakan dalam pembelajaran 

b. Melakukan observasi

Mengamati proses pembelajaran baik secara  tatap muka

3. Melakukan kegiatan post-observasi

1. Menganalisis data hasil observasi

2. Mengadakan pertemuan untuk memberikan umpan balik

3. Merencanakan tindak lanjut

3. Tahap Evaluasi

1. Menganalisis hasil supervisi

2. Menindaklanjuti hasil supervisi

Berita

PANEN KARYA DAN PENTAS SENI KELAS 8

26 Jun 2023

Dibaca 543 Kali | 26 Jun 2023

Selengkapnya

PANEN KARYA DAN PENTAS SENI KELAS 7

26 Jun 2023

Dibaca 758 Kali | 26 Jun 2023

Selengkapnya

Purnawiyata Angkatan Ke-38

21 Jun 2023

Dibaca 945 Kali | 21 Jun 2023

Selengkapnya

Perkemahan Sabtu Minggu di sekolah dalam...

11 Jun 2023

Dibaca 550 Kali | 11 Jun 2023

Selengkapnya

PANEN KARYA

08 Jun 2023

Dibaca 417 Kali | 08 Jun 2023

Selengkapnya

Peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Ju...

01 Jun 2023

Dibaca 588 Kali | 01 Jun 2023

Selengkapnya

Artikel

LKPD GERAK MATAHARI, BUMI DAN BULAN DALA...

16 May 2023

Dibaca 986 Kali | 16 May 2023

Selengkapnya

PENGGUNAAN MEDIA E MODUL BERBASIS WEBSIT...

29 Dec 2021

Dibaca 637 Kali | 29 Dec 2021

Selengkapnya

E MODUL HUKUM NEWTON

19 Jul 2021

Dibaca 725 Kali | 19 Jul 2021

Selengkapnya

E MODUL HUKUM KIRCHOFF

18 Jul 2021

Dibaca 720 Kali | 18 Jul 2021

Selengkapnya

Prestasi

Marvel Juara Bangkok Super Cup di Thaila...

05 Jun 2023

Dibaca 992 Kali | 05 Jun 2023

Selengkapnya